follow me

Sabtu, November 06, 2010

ARSITEKTUR KOTA ROMANTICISM DAN NEO CLASSICAL

Romanticism
Romantisme adalah gerakan intelektual dan artistik yang berasal dari akhir abad ke-18 dan menekankan emosi yang kuat, imajinasi, kebebasan dari kebenaran klasik dalam seni bentuk, dan pemberontakan terhadap konvensi sosial.
Romantisme adalah sikap atau intelektual orientasi yang ditandai banyak karya sastra , lukisan , musik , arsitektur , kritik , dan sejarah dalam peradaban Barat selama periode dari akhir 18 hingga pertengahan abad ke-19 .Romantisme dapat dilihat sebagai penolakan terhadap ajaran ketertiban, tenang, harmoni, keseimbangan, idealisasi, dan rasionalitas yang ditandai Classicism secara umum dan akhir abad ke-18 Neoclassicism pada khususnya. Itu juga sampai batas tertentu reaksi terhadap Pencerahan dan terhadap rasionalisme abad ke-18 dan fisik materialisme pada umumnya. Romantisme menekankan individu, subyektif, irasional, yang imajinatif, yang pribadi, spontan, emosional, visioner, dan transendental.
Di antara sikap karakteristik Romantisisme adalah sebagai berikut: a memperdalam apresiasi terhadap keindahan alam, sebuah pengagungan umum emosi atas alasan dan indra lebih dari intelek, sebuah berputar di atas diri dan pemeriksaan tinggi kepribadian manusia dan suasana hati dan potensi mental, sebuah keasyikan dengan jenius, pahlawan, dan sosok yang luar biasa pada umumnya, dan fokus pada gairah dan dalam perjuangan, sebuah pandangan baru tentang artis sebagai pencipta sangat individu, semangat kreatif yang lebih penting daripada ketaatan aturan formal dan prosedur tradisional; penekanan pada imajinasi sebagai gerbang untuk pengalaman transenden dan kebenaran rohani; minat obsesif dalam budaya rakyat, asal-usul budaya nasional dan etnik, dan era abad pertengahan, dan kecenderungan untuk yang eksotis, terpencil, misterius, aneh, okultisme, yang mengerikan, yang sakit, dan bahkan setan itu.
Romantisme 'Istilah' berasal akhirnya dari ' Roman '. Secara khusus itu berasal dari 'Romances' ditulis pada Abad Pertengahan , seperti Arthurian siklus. Dalam bahasa Inggris, istilah 'Romantick' sering digunakan dalam abad ke-18 berarti magis, dramatis, mengejutkan. Tapi itu tidak sampai penyair Jerman dan kritik Agustus Wilhelm dan Friedrich Schlegel menggunakan istilah yang menjadi label untuk sebuah gerakan budaya yang lebih luas.Untuk saudara Schlegel, 'Romantisme' adalah produk dari kekristenan. Budaya Abad Pertengahan menciptakan sensibilitas Romantis yang berbeda dari cita-cita Klasik terkandung dalam puisi, filsafat dan drama dari Athena kuno. Sementara budaya kuno dikagumi kejelasan, kesehatan dan keharmonisan, budaya Kristen menciptakan rasa perjuangan antara mimpi kesempurnaan surgawi dan pengalaman tidak mampu manusia dan rasa bersalah.Rasa perjuangan, visi dan kekuatan gelap yang selalu ada diduga hadir dalam budaya Abad Pertengahan. Saudara-saudara Schlegel juga bertanggung jawab untuk membuat Shakespeare menjadi penulis terkenal secara internasional, menerjemahkan karya-karyanya ke dalam bahasa Jerman, dan mempromosikan memainkan sebagai lambang dari sensibilitas Romantic. Banyak dramawan Romantic kemudian berusaha untuk meniru Shakespeare dan menolak model klasik untuk drama.
Sementara pandangan ini sebagian dapat menjelaskan daya tarik Romantis dengan Abad Pertengahan, penyebab sebenarnya dari gerakan Romantis itu sendiri sesuai dengan rasa cepat, perubahan sosial yang dinamis yang memuncak dalam Revolusi Perancis dan Napoleon era. Namun, sastra Romantis di Jerman ini didahului peristiwa sejarah penting. The 'Sturm und Drang "(Storm dan Stres) gerakan dalam drama Jerman dikaitkan denganFriedrich Schiller , dan pekerjaan awal Goethe , khususnya dramanya "Goetz von Berlichingen", tentang seorang ksatria Abad Pertengahan yang menolak tunduk kepada otoritas di luar dirinya . novel Goethe "The Penderitaan dari Young Werther" (1774) telah sukses internasional besar. Ini seorang individu terlalu peduli yang merasa kontradiksi yang kuat antara dunia internalnya sendiri perasaan intens, dan dunia eksternal yang gagal sesuai dengan itu. Werther akhirnya bunuh diri. Dalam karya-karya Goethe kemudian ditolak Romantisisme demi rasa baru harmoni klasik, mengintegrasikan negara internal dan eksternal.
Musik Eropa sangat dipengaruhi oleh Romantisisme, yang berasal dari beberapa aspek anti-klasik dinamika heroik, perjuangan internal dan kebebasan tonal di Ludwig van Beethoven dan fluks harmonik gelisah dari Franz Schubert . Dalam opera suasana romantis baru menggabungkan teror supernatural dan plot melodramatis dalam konteks folkloric datang bersama-sama pertama dalam Weber 's Der Freischütz (1817, 1821). Pengayaan timbre dan warna menandai awal orkestrasi Hector Berlioz di Perancis, sementara permintaan untuk bentuk bebas menyebabkan Franz Liszt Puisi nada ', dan rhapsodies, baik Romantic bentuk dasarnya. Tradisi musik Jerman dari thatis Abad 19 biasanya diberi label 'Romantis' juga termasuk termasuk karya Robert Schumann dan Richard Wagner . Liszt dan Wagner setiap diwujudkan Romantis kultus individu bebas, terinspirasi, karismatik, mungkin kejam tidak konvensional kepribadian "artistik".
Tidak semua musisi dari era "Romantis" tersapu di gerakan. Diciptakan kembali Classic dan struktur Baroque menginformasikan karya Johannes Brahms khususnya, tapi Felix Mendelssohn , editor dan minuman keras awalBach dapat dilihat sebagai pewaris Mozart,
Label seperti 'Akhir Romantis' dan 'Post-Romantis' link komposer yang berbeda dari berbagai negara, seperti Jean Sibelius , Richard Strauss , Samuel Barber dan Ralph Vaughan Williams , yang semuanya tinggal ke tengahabad ke-20 . Lihat periode Romantis dalam musik . The sadar 'modernisme' dari abad ke-20 semua ditemukan akar dalam reaksi terhadap Romantisisme, semakin dilihat sebagai tidak kasar dan cukup realistis, brutal bahkan tidak cukup, karena usia teknologi baru. Namun Bartok mulai dengan mengumpulkan musik rakyat Hungaria, Stravinsky dengan balet subur untuk Diaghilev dan Arnold Schoenberg 's musik tanpa nada cadang didahului oleh esai awal orkestrasi polikromatik raksasa, seperti nya Gurrelieder.
Dalam seni dan 'Romantisme' sastra biasanya mengacu pada akhir abad 18 dan abad ke-19. Di Inggris Romantisisme sastra berkembang dalam bentuk yang berbeda sedikit kemudian. Hal ini sebagian besar terkait dengan penyair William Wordsworth dan Samuel Taylor Coleridge , yang buku "Lyrical Ballads" (1798) berusaha untuk menolak puisi Kaisar mendukung berbicara langsung lebih berasal dari tradisi rakyat. Kedua penyair juga terlibat dalam pemikiran sosial utopis setelah Revolusi Perancis. Penyair dan pelukis William Blake adalah contoh paling ekstrim dari sensibilitas Romantis di Inggris, dicontohkan oleh klaimnya 'Saya harus membuat sistem atau diperbudak oleh orang lain'. karya artistik Blake juga sangat dipengaruhi oleh buku diterangi Abad Pertengahan. Pelukis JMW Turner dan John Constable juga umumnya terkait dengan Romantisisme. Lord Byron , Percy Bysshe Shelley , Mary Shelley dan John Keats merupakan tahap lain Romantisisme di Inggris. Sejarawan Thomas Carlyle dan Persaudaraan Pra-Raphael merupakan fase terakhir dari transformasi ke Victoria budaya.
Dalam Katolik Roma negara Romantisisme kurang diucapkan daripada di Protestan Jerman dan Inggris, dan cenderung mengembangkan kemudian, setelah munculnya Napoleon. Dalam Romantisisme Prancis dikaitkan dengan abad kesembilan belas, khususnya dalam lukisan Theodore Gericault dan Eugene Delacroix , memutar dari Victor Hugo dan novel-novel Stendhal . Komposer Hector Berlioz juga penting.
Di Rusia eksponen utama Romantisisme adalah Alexander Pushkin , meskipun komponis Rusia juga diberikan label. Drama Shakespeare's Pushkin 'Boris Godunov' (1825) ditetapkan untuk musik dengan Sederhana Mussorgsky .
Contoh terisolasi dari Romantisisme yang ditemukan di tempat lain di Eropa. Gerakan ini memiliki dampak langsung kecil di Amerika, meskipun Transcendentalist penulis seperti Henry David Thoreau dan Ralph Waldo Emerson elemen menunjukkan pengaruhnya, seperti halnya karya Walt Whitman.
Tekait dengan : Kepahlawanan, romantis, nasionalisme, radikal, revolusi, kemartiran, nazisme, surelisme, simbolisme
Menentang: Liberalisme , Utilitarianisme , Rasionalisme , Pencerahan .

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.fact-index.com/r/ro/romanticism.html&ei=FPrVTKTNBoSovQP1p7j_CQ&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=10&ved=0CFAQ7gEwCTgo&prev=/search%3Fq%3Dromanticism%26start%3D40%26hl%3Did%26sa%3DN%26biw%3D1366%26bih%3D665%26prmd%3Db


NEO CLASSIC
Arsitektur Neoklasikal
Gerakan pada akhir abad 18 dikenal dengan Neo klasik. Bentuk arsitektur yang dianggap ideal kemudian diwujudkan ke da-lam bentukan berkonstruksi kolom dan ba-lok dan tidak hanya bentukan dari konstruk-si dinding pemikul. Wujud arsitekturnya ju-ga dapat ditandai dengan munculnya un-sur-unsur dekoratif seperti pedimen, pedes-tal, entablature-terpotong dan sebagainya. Dalam sejumlah proyek dapat disaksikan bahwa bentukan yang kanonik masih dipakai untuk diletakkan pada posisi olahan komposisional.
Gaya ini merupakan gaya anti-rokoko yang dapat ditemukan pada beberapa gaya arsitektur eropa pada awal abad ke 18., dengan jelas diwakili dalam arsitektur Palladian di Georgia inggris dan Ireland, selain itu juga dapat ditemui dalam lapisan klasifikasi akhir gaya barok di Paris, di Berlin, dan bahkan di Roma, Alessandro Galilei pada bagian muka dari gadeung Giovanni di Laterano. Ini merupakan suatu arsitektur self-restraint yang sempurna, yang selektif hingga sekarang " yang terbaik" dalam mengikuti gaya bangsa Roma.
Neoklasikal pertama berkembang dan dan diperolah di London, melalui contoh dari bangunan Paris-Trained yang dirancang oleh tuan William chambers dan james " Athenian" Stuart, dan di Paris, melalui suatu generasi siswa seni Perancis yang training di Akademi Perancis di Roma dan yang dipengaruhi oleh kehadiran Charles-Louis Clérisseau dan tulisan Johann Joachim Winckelmann; itu dengan cepat diadopsi oleh lingkaran progresif di Sweden. Di Paris, banyak dari generasi arsitek neoklasikal yang pertama menerima pelatihan dalam Tradisi Perancis yang klasik melalui suatu rangkaian tentang ceramah kuliah praktis dan menyeluruh yang ditawarkan untuk dekade perkuliahan oleh Jacques-François Blondel.
Pada mulanya Italia bertaut pada Rococo sampai rejim Napoleo membawa arkeologis klasikal yang baru, yang dipeluk sebagai pernyataan politik oleh kaum muda yang progresif. Pusat dari ahli kebudayaan sejarah yunani polish adalah Warsaw di bawah aturan dari Raja polish Stanislaw Agustus Poniatowski. seniman dan arsitek yang dikenal terbaik di Poland tepatnya di Dominik Merlini, diantaranya adalah Jan Chrystian Kamsetzer, Szymon Bogumi Zug, Jakub Kubicki, Antonio Corazzi, Efraim Szreger, Kristen Piotr Aigner, Wawrzyniec Gucewicz dan Bertel Thorvaldsen.



Karl Friedrich Schinkel's mendesain bangunan Elisabethkirche di Berlin (1832-1834)
Gaya neo klasik mengalami tantangan berat sejalan dengan pesatnya kemajuan tekno-logi. Keyakinan bahwa arsitektur adalah ‘seni bangunan’ yang berbeda dengan kegiatan ‘engineering’ mulai mengalami pergeseran, setelah muncul suatu jarak antara arsitektur dan kemajuan konstruksi bangunan.
Perubahan-perubahan inilah yang kemudian mengarah pada munculnya arsitektur mo-dern. Arsitektur modern sendiri berprinsip pada tradisi fungsional, lebih cenderung pada pemikiran struktur daripada unsur-unsur lainnya.


Royal Scottish Academy, Edinburgh (1822-26), pada serambinya menggunakan tiang-tiang berbentuk dorik.



Dari sekitar tahun 1800 Yunani merupakan contoh arsitektur yang segar, banyak mensketsa dan mengukir, memberi suatu daya dorong baru ke gaya meoklasikal atau yang disebut Kebangkitan kembali ilmu Yunani.
Neoclassikal adalah suatu kekuatan utama di dalam seni akademis sampai abad ke 19 dan di luar daripada itu gaya ini merupakan lawan yang tepat dari gaya Romantis dan Gotik renasisans walaupun pada akhir abad ke 19 gaya ini diklasifikasikan sebagai gaya anti modern atau bahkan gaya yang reaksioner. Pada pertengahan abad ke 19, beberapa kota besar Eropa khususnya St Petersburg dan Munich- diubah bangunannya ke dalam musium Arsitektur neoklasikal yang dijamin kebenarannya.
Tokoh
Contoh tokoh Arsitektur neoklasikal adalah Karl Friedrich Schinkel’s dan bangunan dari Schinkel'S adalah Museum Tua di Berlin, Tuan John Soane’s arsitek dari Bank Inggris di London dan bangunan baru " capitol" di Washington, DC. Arsitek skotlandia Charles Cameron menciptakan interior mewah gaya Italianate untuk warga kelahiran jerman Catherine II yang agung di Rusia yaitu bangunan St. Petersburg dengan mnggunakan gaya internasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Chatbox


ShoutMix chat widget